Selasa, Desember 29, 2009

Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu Pasar.


Bahasa Indonesia adalah bahasa persatuan yang menyatukan berbagai elemen bangsa Indonesia yang multi budaya, multi budaya, multi etnis dan multi bahasa, bahkan dalam teks Sumpah Pemuda dituliskan bahwa: Kami Poetra dan Poetri Indonesia mendjuoedjoeng bahasa persatoean, Bahasa Indonesia.ya seperti tulah fenomenanya bahwa bahasa Indonesia menjadi bahasa Nasional, bahasa resmi bangsa Indonesia, digunakan dalam forum resmi kenegaraan, alat komunkasi seluruh elemen bangsa ini
Coba kita bayangkan bagaimana jika tidak ada bahasa Indonesia, orang jawa akan akan menggunakan bahasa sanskerta untuk bicara dengan orang dayak, demikian pula orang dayak aklan menggunakan bahasa daerahnya untuk bicara dengan orang sunda, mungkinkan komunikasi akan terjadi dengan baik bila melihat kondsi seperti itu.
Kalau kita bicara asal usul bahasa Indonesia, beberapa ahli sejarah mengatakan bahwa bahasa melayulah yang menjadi ckal bakal bahasa indonesia, yang jad masalah adalah bahasa melayu apa. Prof. Dr. Zaenal Arifn dalam bukunya Cermat Berbahasa Indonesia mengatakan bahwa: Bahasa Indonesia Berasal dati Bahasa Melayu Kuno ini terbukti dengan ditemukannya beberapa Prasasti Peninggalan Kerajaan Sriwijaya, seperti Prsasati Talang Tuo (Palembang), Prasati Karang kapur di Bangka Barat dan Karang Brahi di Kabupaten Mrangin Jambi, yang bertulis Pra-Nagari dan berbahasa Melayu Kuno.
Teori kedua, tentang asal mula bahsa indonesia dikemukakan oleh Ahmad Mansur Surya Negara, dalam bukunya Api Sejarah Buku yang akan mengubah Drasts Pandangan Anda Tetang Sejarah Indonesia. Mengemukakan bahwa asal Bahasa Indonesia adalah bahasa melayu pasar, yaitu bahasa yang digunakan oleh para Wirausahawan di Pasar. Bahasa in ditulis dengan huruf arab melayu atau yang dikenal pula dengan huruf Jawi. Dan dikalanagan pemegang kekusaan politk Islam atau kesultanan digunakan sebagai bahasa diplomatik atau sebagai bahasa hubungan antarsultan atu raja, baik di Nusantara maupun manca negara
Dalam hal ini penulis tidak bermaksud untuk mengadukan atau mempertentangkan kedua teori diatas, namun penulis mencoba berusaha untuk mencari kebenaran diantara kedua teor ini sebagai bentuk keberpihakan penulis pada sebuah kebenaran;
Penuls mencoba membandingkan memperhatikan teori Prof. Zainal Arifin;beliau mengemukakan bahwa bahasa Indonesa bersal dar bahasa Melayu kuno Kerajaan Sriwjaya, yang ditulis diPrasati Talang tuo, prasati kota kapur dan Prasati karang Brahi dalam bentuk tulisan Pra-Nagari. Tapi beliau mengutip bunyi prasati keudukan yang bunyinya: Swastie Syre Syaka warsaateta 6o4 ekadasyii syuklapaksa wulan wiasyakha dapunta hyang naayik, di saamwan mangalap siddhayaatra di saptamie syuklapaksa wulan jyesta dapunta hyang marlapas dari minanga tamwan....inikan bahasa sankskerta agama hindu kerajaan Sriwjaya yang sudah diubah tulisannya dari tulisan Pra-Nagari kedalam bahasa Indonesia, kalau memang prasati kedukan itu berbahasa melayu kuno, tapi mengapa bunyi dari tulisan huruf indonesianya bukan bahasa melayu tetapi bahasa sanskerta.
Tapi kalau kita perhatkan secara seksama teori Ahmad Mansur Surya Negara sangat jelas walaupun tulisannya tulisan jawi atau tulisan arab melayu tetapi bunyi tulisan itu memang berbahasa melayu.
Bersambung.........

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Bahasa Indonesia berasal dari Bahasa Melayu Pasar.”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .