Senin, Desember 28, 2009

Luas Wilayah Nusantara kita ternyata...?


Begitu luasnya wilayah Indonesia sehingga matahari harus terbit sampai tiga kali, dampaknya Indonesia memiliki perbedaan tiga waktu, jelasnya adalah seperti ini; Waktu Indonesia Timur (WIT) matahari terbit lebih awal dua jam daripada Waktu Indonesia Barat (WIB), sedangkan Waktu Indonesia Tengah (WITA) matahari terbit satu jam lebih dahulu daripada Waktu Indonesia Barat (WIB).
Coba kita bandingkan, panjang batas ujung utara sampai dengan batas ujung selatan wiayah Indonesia, yaitu pulau Talaud sampai dengan pulau Rote itu sama dengan panjangnya dari inggris melampui Eropa hingga ke Irak. Dan panjang batas ujung barat hingga batas timurnya atau biasa kita kenal dengan istilah dari sabang sampai merauke itu panjangnya sama dengan dari Greewich London hingga Baghdad di Irak. Kemudian kalau batas utaranya kepulauan Talaut barada di Jerman sedangkan batas selatannya, pulau rote berada di Al Jazair.
Menurut R.G.M Soegondo dalam Ilmu Bumi Militer Indonesia, luas dartan Indonesia 1.904.305,7 Km² atau kalau kita genapkan mencapai 2000.000 Km². sama luasnya dengan jumlah luas Belanda, Belgia, jerman, Prancis, Italia dan Spanyol. Batas luas laut Indonesia menurut Deklarasi Djuanda, 13 Desember 1957, adalah 3.200.000 Km². sehingga luas Wilayah Indonesia daratan 2000.000 Km² dan lautannya 3.200.000 Km² menjadi 5.200.000 Km². tidak cukup sampai disitu Allah Anugerahkan kepada Indonesia daratan seluas itu dengan tanah yang subur, dan juga lautan yang seluas itu terkandung didalamnya sumber kekayaan laut yang tak terhitung nilainya. Yang harus dipikirkan dan dijadikan renungan adalah kemana Anugerah Allah tersebut sehingga kita tetap di peringkat dasar rangking kesejahteraan Dunia? Apanya yang salah, yang jelas tidak mungkin Allah salah menganugerahkan itu semua pada kita

COMMENTS :

Don't Spam Here

0 komentar to “Luas Wilayah Nusantara kita ternyata...?”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .