Selasa, Maret 16, 2010

Aktifkan Kembali Posyandu

Sejak terjadinya krisis mulai tahun 1997 hingga saat ini, kualitas hidup perempuan dan anak masih belum menunjukan peningkatan yang berarti, terutama dibidang pendidikan, kesehatan, ekonomi, politik, dan hukum serta perlindungan dari tindak kekerasan dan perdagangan orang.
Fenomena tersebut bukanlah tanpa sebab, mengingat saat ini sangat minim atau bahkan bisa dikatakan tidak ada lembaga yang memediasi usaha-usaha pemberdayaan perempuan dan anak dalam rangka peningkatan kualitas hidup.

Pada masa pemerintahan Orde Baru ada program Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A) yang biasa kita kenal dengan istilah Posyandu, sebuah lembaga masyarakat yang diharapkan sebagai upaya penghapusan kesenjangan kondisi dan peran antara perempuan dan laki-laki. Di samping itu, pemerintah memberikan fasilitas kepada lembaga kemasyarakatan dalam rangka dukungan terhadap seluruh aktifitas yang dilakukan mereka dalam upaya penguatan lembaga dan jaringan serta kemitraan untuk peningkatan kesejahteraan dan perlindungan perempuan dan anak.
Idealnya model program pembentukan SDM yang baik ini terus diperbaiki dan disempurnakan kemudian diperbaharui secara terus menerus sesuai dengan perkembangan keadaan, bukan dipukul rata untuk diabaikan atau bahkan dihilangkan karena dianggap sebagai produk Orde Baru.

COMMENTS :

Don't Spam Here

5 komentar to “Aktifkan Kembali Posyandu”

he eh mas, setiap orde tentu ada baik atau buruknya, nah yang baik harusnya dipertahankan, kek posyandu ini... :-)

ali afif mengatakan...
on 

Posyandu di kampungku masih jalan, tapi aku tak tahu lagi tentang program-2nya... krn aku dah gak pernah lagi ke posyandu

catatan kecilku mengatakan...
on 

Memang seharusnya kita mempertahankan apa yg sudah baik dan memperbaiki apa yg belum baik.
Sayangnya, setiap pergantian pimpinan seringkali mengakibatkan pergantian kebijakan juga.

the others... mengatakan...
on 

blognya saya follow ya ^^

ra-ra-ra mengatakan...
on 

Berkat posyandu, anaku selalu terpantau, apalagi posyandu di tempatku selalu mendatangkan dokter anak . . .jadi mantab deh

Natural Nusantara mengatakan...
on 

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 Fresh Themes Gallery | NdyTeeN. All Rights Reserved. Powered by Blogger and Distributed by Blogtemplate4u .